Kampar Siap Menjadi Tuan Rumah HKIN 2023. 

Kampar7 Dilihat

 

Sejagatnews.com(KAMPAR)

Kabupaten Kampar siap menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) tahun 2023. Direncanakan pelaksanaan perhelatan  HKIN ini digelar pada April 2023 mendatang.

Demikian salah satu hasil  pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Kampar dengan Komisi Informasi (KI) Pusat  yang digelar di ruang rapat kantor KI Pusat lantai 9 Wisma BSG Jalan Abdul Muis No 40. Gambir Jakarta, Kamis (26/1/2023). Rapat ini dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Kampar DR. H. Kamsol,  MM dan dari KIP dihadiri oleh Ketua KIP Donny Yoesgiantoro.

Turut mendampingi Pj. Bupati Kampar, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat  Sekdakab Kampar Ahmad Yuzar, Asisten Perekonomian dan  Pembangunan Suhermi, Kadis Kominfo Kabupaten Kampar Yuricho Efril, S.STP, Ketua KI Provinsi Riau Zufra Irwan, Kabag Protokol dan Humas Setdakab Kampar Irwan AR, Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kampar Ridwan dan staf, Kabid  Pengembangan  Sumber Daya  dan Layanan Publik  Kominfo Salmi Hadi dan pejabat lainnya.

Sedangkan dari Pihak KI Pusat dihadiri  Ketua Donny Yoesgiantoro didampingi antara lain, Komisioner Bidang Kelembagaan Handoko Agung Saputro, Komisioner Bidang ASE Samrotunnajah Ismail dan   Plt. Sekretaris KIP Nunik Purwanti serta pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu Pj. Bupati Kampar Kamsol menyampaikan apresiasi kepada Komisi informasi Pusat yang telah menunjuk Riau dan dalam hal ini Kabupaten Kampar sebagai tuan rumah HKIN. “Pemerintah Kabupaten Kampar mendukung dan siap mensukseskan agenda Nasional ini,” ujarnya.

Menurut Bupati dengan adanya kegiatan nasional ini  akan banyak keuntungan dan kemajuan yang didapat oleh daerah. Diantaranya adalah kemajuan dibidang keterbukaan informasi dan pariwisata, sosialisasi pemilu dan sebagainya.

Pj. Bupati Kampar juga berharap kegiatan ini nanti  bisa dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan para Menteri . “Harapan kita Bapak presiden bisa menghadiri kegiatan ini,” harap Bupati.

Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro pada kesempatan tersebut menyampaikan   apresiasi kepada Bupati Kampar Kamsol yang begitu peduli dengan keterbukaan informasi. “Kita  bangga dengan semangat pak Bupati ini yang langsung hadir pada kesempatan ini,” ujar Donny.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan mampu menyebarkan virus  keterbukaan informasi di daerah. Kemudian dengan ditunjukkannya Kampar sebagai tuan rumah juga diharapkan Kampar bisa membentuk KI Kabupaten pertama di Sumatera.

Setelah rapat ini, maka  akan dilanjutkan nanti dengan rapat-rapat teknis antar pihak pihak terkait termasuk pembahasan segi pembiayaan dan rangkaian kegiatannya. Kegiatan ini juga akan melibatkan pihak perusahaan sebagai sponsor. (Abu)