Masyarakat Palika Minta Pembangunan Jalan Lintas Pesisir Terus di Lanjutkan

 

Sejagatnews.com   Palika- Tim audit Inspektorat di dampingi PUTR Kabupaten Rokan Hilir serta Konsultan Pengawas Melakukan Pengukuran terhadap pekerjaan Lintas Pesisir di Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Diketahui program penyelenggaraan jalan pada Peningkatan Jalan Lintas Desa Pasir Limau Kapas di bangun oleh pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir pada tahun 2022 lalu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rohil dengan nilai kontrak sebesar Rp. 21.517.708.549,76 (dua puluh satu miliar lima ratus tujuh belas juta tujuh ratus delapan ribu lima ratus empat puluh sembilan, tujuh puluh enam rupiah), Pelaksana PT. Tarum Jaya Mandiri dengan Konsultan Pengawas PT. Wandra Cipta Engindreng Consultant dengan waktu pelaksana 105 hari kalender.

Saat diwawancarai terkait Progres Pekerjaan Peningkatan Jalan Lintas Desa Pasir Limau Kapas Kepala Dinas PUTR melalui Kabid Jalan dan Jembatan Tito Satrio ST mengungkapkan pihaknya mendampingi Tim Inspektorat turun ke lokasi pekerjaan dalam rangka melakukan audit dan Pengukuran Volume pada pekerjaan tersebut

Tim Audit Inspektorat Rohil bersama pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Rohil saat dijumpai disalah satu titik pekerjaan peningkatan jalan lintas desa pasir limau kapas mengatakan terjun ke desa pasir limau kapas terkait melakukan audit pekerjaan tersebut.

Terkait dengan kondisi pekerjaan jalan di beberapa titik ditemukan masih terputus putus, Tito Satrio ST menerangkan hal itu disebabkan oleh Medan dan lokasi yang begitu sulit untuk di jangkau oleh transportasi darat sehingga material terpaksa ditempatkan secara terpisah dengan pengangkutan Kapal Laut.

“Insya Allah, pada tahun 2024 mendatang kami akan menganggarkan kembali untuk melanjutkan kegiatan pengerjaan yang sempat terputus ini, sehingga dengan begitu akses jalan lintas desa pasir limau kapas ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di daerah pesisir ini,” terang Tito di sela sela kesibukan nya.

Masih di tempat yang sama, Tim Audit dari Inspektorat Ahmad Baidhuri menjelaskan ke awak media, pihaknya melakukan tugas Pengauditan dan pengukuran berdasarkan dan memenuhi surat permintaan auditor dari PUTR Rohil.

“Secara Professional, saat ini kita kelapangan mengambil simple pekerjaan, mengukur Volume pekerjaan untuk kami tindak lanjuti sebagai tim Auditor, terkait hasilnya apa dan bagaimana untuk sementara ini belum bisa kami sampaikan karena saat ini kita masih melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya tim Auditor Inspektorat Rohil,” ungkap Ahmad Baidhuri selaku Irban I Inspektorat Rohil.

Pada kesempatan itu, Camat Palika Budi Irawan, S.E., mengatakan pembangunan jalan lintas desa Pasir Limau Kapas ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang telah lama dinanti oleh masyarakat kecamatan Palika.

Harapan Camat Palika Budi Irawan ke depannya Pemda Rohil secara continue menganggarkan dan melanjutkan kembali pekerjaan jalan lintas Palika yang merupakan salah satu urat nadi bagi masyarakat sebagai akses penghubung ke beberapa wilayah seperti ke Panipahan ke Sungai Daun menuju Ibukota Bagansiapiapi.

“Saya berharap atas nama Pemerintah Kecamatan Pasir Limau Kapas Kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir untuk kiranya dapat melanjutkan pekerjaan jalan lintas desa Pesisir Palika ini,” pinta Camat Palika Budi Irawan.

Jika dibandingkan sama daerah lain sambung Camat, Kecamatan Palika adalah salah satu Kecamatan yang ketinggalan, bahkan untuk pergi ke daerah luar seperti ke Bagansiapiapi ibukota Kabupaten Rohil saja tidak bisa menggunakan mobil kecuali hanya bisa menggunakan kapal Ferry yang memiliki waktu yang terbatas.

Namun Camat Palika yakin di kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman, Palika lebih maju dan ia berharap kedepannya Kecamatan Pasir Limau Kapas bisa jadi lebih baik.

Dalam agenda Tim audit Inspektorat di dampingi PUTR Kabupaten Rokan Hilir serta Konsultan Pengawas melakukan Pengukuran terhadap pekerjaan Lintas Pesisir di Kecamatan Pasir Limau Kapas, salah seorang Masyarakat setempat Syofyan, mengaku bersyukur dengan adanya Pembangunan Jalan lintas Pesisir yang merupakan Program prioritas Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir.

Pengakuan Syofyan yang profesi sebagai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Palika ini, semenjak akses jalan lintas desa Pasir Limau Kapas tersebut terbangun, jarak tempuh untuk masuk keluar desa semakin lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

“Sebagai TKSK Kecamatan Palika yang sering melewati akses jalan lintas desa di wilayah desa se- Kecamatan Palika ini, kami masyarakat di sini merasa cukup terbantu, dulunya kami mau pergi keluar masuk desa hingga memakan waktu 3 sampai 4 jam, namun sekarang tidak lagi, sebentar sudah sampai ke desa bahkan ke Kubu. Alhamdulillah sangat terbantu, terimakasih Bapak Bupati Rohil Afrizal Sintong yang telah membangun jalan Kampung kami ini,” tutup Syofian