Bupati Rohil Lepas Jalan Sehat Bersama BUMN

Rokan Hilir16 Dilihat

sejagatnews.com |  ROKAN HILIR, 26 Februari 2023 – Acara Jalan Sehat Bersama BUMN dalam rangka HUT ke 25 Tahun Kementerian BUMN turut memberikan berkah bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Minggu (26/2/2023).

Sebagai pelaksana, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang berkolaborasi dengan Perum Perhutani dan PT ASDP Indonesia Ferry melibatkan 11 pelaku UMKM Rokan Hilir. Yang mana 5 di antaranya merupakan binaan PT PHR.

Produk-produk UMKM tersebut laris manis diserbu masyarakat. Keberkahan peningkatan omset ini tidak hanya dirasakan para pelaku UMKM binaan BUMN saja, tapi juga para pedagang yang berada di lokasi kegiatan yang turut ketiban rejeki dengan banyaknya masyarakat yang antusias mengikuti Jalan Sehat Bersama BUMN tersebut.

Manager External Communications & Stakeholder Relation (ECSR) North PHR, Rudi Arief menyampaikan, bahwa PHR sebagai bagian dari BUMN ikut mendorong peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat dengan melibatkan dan membina para pelaku UMKM di daerah berjuluk Negeri Seribu Kubah.

“Kami berfokus membangun kemandirian masyarakat dengan memberikan pembinaan dan peningkatan kapasitas untuk mencapai kemandirian. Upaya itu diimplementasikan melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR WK Rokan. BUMN hadir memajukan sektor UMKM sebagai garda utama masyarakat,” tuturnya.

Oleh karena itu, dalam acara Jalan Sehat Bersama BUMN di Rohil ini turut melibatkan para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka kepada masyarakat.

Sementara itu, Pelaku UMKM Dapur Betuah Jannah, Janatun mengucapkan terima kasih dan bersyukur dapat kesempatan memasarkan produknya dalam acara yang meriah tersebut.

Selain itu, pelaku UKM Dapur The Arman, Nurhafizah juga menyampaikan hal serupa. UKM ini memiliki produk unggulan aneka ragam cemilan dan makanan khas. Mereka bersyukur mendapatkan kesempatan memasarkan produknya di Jalan Sehat Bersama BUMN, sehingga mendapat tambahan penghasilan.

Dalam acara tersebut, PHR menghadirkan 5 pelaku UMKM binaan, di antaranya; Sodap by UKM Roqi, Gerai Oleh-oleh Rohil, Dapur Betuah Jannah, Dapur The Arman dan UKM Gema. Selain itu, ada juga produk UMKM Rumah Tamadun yang memproduksi oleh-oleh khas Riau dan tanjak, serta 5 pelaku UMKM lokal yang turut berkiprah dalam pengembangan ekonomi kreatif di bumi Melayu.

# # # # # #

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018.

Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan.( rilis )