Dilepas Gubernur Riau, TLCI Chapter#2 Siap Bawa Misi Kenalkan Potensi Wisata Alam Riau pada Jambore Nasional 5 Jambi

sejagatnews.com | PEKANBARU Toyota Land Cruiser Club Indonesia (TLCI) Chapter#2 Riau secara resmi dilepas keberangkatannya untuk turut mensukseskan Jambore Nasional (Jamnas) TLCI ke 5 yang digelar di Jambi. Pelepasan dipimpin oleh Gubernur Riau Syamsuar yang diwakili Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan pada Kamis pagi (2/3/2023).

TLCI Chapter#2 Riau yang dukenal intens pada kegiatan Bakti Sosial kemasyarakatan disetiap kegiatannya, sehingga cukup dikenal luas di masyarakat Riau tersebut, kali ini bertekat mengusung misi memperkenalkan wisata alam Riau kepada pecinta hardtop 4×4 dari seluruh Indonesia yang akan hadir pada Jamnas 5 kali ini.

Kegiatan Jamnas sendiri merupakan agenda rutin dua tahunan dan berskala nasional, kali ini terpilih TLCI Chapter#1 Jambi sebagai tuan rumah. Akan digelar pada 4-5 Maret 2023 mendatang dipusatkan dikawasan Tugu Keris Siginjai, Kota Jambi.

Pada Kamis (2/3) di halaman Kantor Gubernur Riau nampak beda dari hari hari biasa. Kali ini halaman luas tersebut dipenuhi puluhan mobil mobil tua berjuluk Toyota Land Cruiser (TLC) yang akrab disebut mobil hardtop dan juga Land Cruiser dari berbagai series.

Di barisan paling depan tampak hardtop tertua dengan julukan Cakra Bhirawa yang diproduksi pada tahun 1964 memimpin rombongan.

Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan dalam sambutan sebelum melepas rombongan mengatakan, TLCI Chapter#2 Riau dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan sektor pariwisata alam Riau dan mengangkat destinasi dengan segala kekayaan khazanah adat budaya melayu di Bumi Lancang Kuning.

“ Mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi dan promosikan sektor pariwisata alam Riau yang dapat mengangkat destinasi-destinasi pariwisata alam yang ada di Riau dengan segala kekayaan khazanah adat budaya melayu di bumi lancang kuning yang kita cintai ini,” pesan M Job.

Kemudian, M Job juga ucapkan selamat kepada kontingen TLCI Chapter#2 Riau yang berangkat ke Jambore Nasional 5 di Provinsi Jambi.

Dirinya juga berpesan agar peserta yang ikut dalam konvoi ini berhati-hati dan menjadi contoh tertib berlalu lintas, selamat dalam setiap perjalanan.

“Kami ucapkan Selamat mengikuti Jambore Nasional ke 5 di Jambi. Semoga TCLI Chapter#2 Riau dapat mengangkat sektor pariwisata alam Riau ke kancah nasional dan internasional pada masa yang akan datang,” ucapnya.

Ketua Panitia dari rombongan TLCI Chapter#2 Riau, Matra Nugraha mengatakan bahwa pihaknya memberangkatkan sebanyak 30 kendaraan dengan 64 peserta.

“Kami berangkat untuk menghadiri dan mengikuti Jambore Nasional 5 Jambi, beberapa point kegiatan disana termasuk berbagai kontes yang diselenggarakan panitia akan kami ramaikan. Pertama Orisinil Vintage kontes yang diikuti oleh Toyota Land Cruiser tahun 1964, kemudian Restorasi Orisinil yang ikuti oleh Land Cruiser tahun 1981. Lalu, kontes Modifikasi Overland yang di ikuti oleh Land Cruiser tahun 1980. Target kami minimal satu juara,” ucap Matra dengan optimis seraya berharap Riau yang bisa menjadi tuan rumah Jamnas berikutnya.

Tidak hanya mengikuti kegiatan tersebut, rombongan TLCI Chapter#2 Riau ternyata memiliki misi khusus. Yakni akan memperkenalkan ikon wisata alam Riau kepada pecinta hardtop 4×4 secara nasional.

“Kami membawa misi memperkenalkan ikon pariwisata alam Riau yang luar biasa elok dan mempesona dengan tagline ‘ke Riau Aja’ kepada seluruh Chapter TLCI se Indonesia, juga non Chapter yang hadir disana,” terang Matra.

Sekjen TLCI Chapter#2 Riau, Juarman memperkenalkan sedikit tentang komunitasnya.

Juarman memaparkan bahwa TLCI Chapter#2 Riau merupakan sebuah komunitas, pecinta dan penghobi hardtop yang di dirikan awal tahun 80an.

Kemudian tahun 2012, melebur nama menjadi Toyota Land Cruiser Indonesia Chapter#2 Riau.

“Keanggotaan di Riau teregristrasi sebanyak 180an, dengan dibagi beberapa korwil yaitu, Korwil Indragiri Hulu, Korwil Kampar, Korwil Rokan Hulu, Korwil Taluk Kuantan,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa TLCI Chapter#2 Riau ini bukan hanya komunitas series Hardtop tua saja.

Namun, semua jenis bergabung di komunitas ini, mulai dari yang paling tua seperti Cakrabirawa sampai terakhir produk tahun 2022 ada.

Selain itu, peserta jambore nasional ada 27 Chapter dari seluruh Indonesia, dengan total 1000an unit kendaraan yang akan berkumpul di Jambi.

Untuk kontingen Riau mengirimkan 30 unit hardtop. Terdiri dari Toyota Land Cruiser series 30 sampai 300.

Juarman menuturkan, nantinya saat kegiatan jambore tersebut TCLI Chapter#2 Riau akan melakukan promosi kepada sesama komunitas yang hadir tentang eksplorasi destinasi wisata alam di pedalaman-pedalaman Provinsi Riau yang perlu dijajal oleh para pecinta mobil ‘kotak sabun’ dari seluruh Indonesia.

“Visi dan misi yang kami angkat di pelaksanaan jambore nasional kali ini yaitu membawa ikon pariwisata alam Riau yang elok dan mempersona dengan tag line #keriauaja,” pungkasnya.(A.Rustandi)